Jumat, 13 Desember 2013

Tutorial Mudah Membuat Micro SIM Card

Micro SIM layaknya sebuah SIM Card ponsel pada umumnya, hanya saja Micro SIM memiliki dimensi yang lebih kecil. Bagaimana Membuat Micro SIM dari SIM Card biasa? sebelum lebih jauh membahas caranya, saya ingin memberitahu bahwa Micro SIM banyak digunakan pada Smartphone masa kini, seperi pada Samsung Galaxy S 4, HTC One, OPPO Find 5 dan Sony Xperia Z dan smartphones high end lainnya. tanpa perlu ke counter ponsel pun anda sudah bisa membuat Micro SIM sendiri dirumah dengan hanya berbekal peralatan sederhana seperti Gunting dan penggaris saja. ok, langsung saja ke tutorial nya :

Tutorial Mudah Membuat Micro SIM Card

Sebelum melakukan pemotongan, anda harus tahu dimensi dari Micro SIM ini sendiri, untuk lebih jelasnya bisa anda lihat dimensi/ukuran Micro SIM pada gambar dibawah ini :
Cara Membuat Micro SIM Card ( Dimensi Micro SIM )

Alat Dan Bahan Membuat Micro SIM Card

1. Gunting atau Cutter
2. Potongan Kuku atau Gillette
3. Penggaris
4. Ballpoint atau pensil

Cara Kerja

Untuk Memotong SIM Card biasa menjadi Micro SIM anda harus mengerti ukuran Micro SIM terlebih dahulu ( seperti pada gambar paling atas ) selanjutnya anda juga harus mengerti peletakan ukuran pada SIM Card biasa. Gunakanlah penggaris (usahakan penggaris tersebut memiliki satuan milimeter atau mm) untuk mengukur dimensi dari SIM Card. acuan pertaman dalam pengukuran adalah sisi kiri SIM Card, Ukurlah 1 mm dari Logam SIM Card lalu tandai dengan Ballpoint atau pensil secara vertikal. selanjutnya ukur pula 1 mm pada sisi atas logam SIM Card dan tandai secara horizontal. jika sudah maka akan tanda tadi akan nampak seperti huruf L terbalik mengarah ke kanan, ini adalah acuan utama dalam membuat Micro SIM.

Kemudian, dari tanda vertikal di samping kiri anda ukur menuju ke kanan sepanjag 15 mm lalu tandai secara vertikal kebawah (usahakan jangan sampai tanda miring). selanjutnya kita akan menentukan garis pada pemotongan sisi bawah dengan mengukur tanda yang sudah dibuat di sisi atas lalu ukur secara vertikal atau kebawah 12 mm lalu tandai dengan titik atau langsung tandai horizontal. sampai dengan cara ini teah dilakukan maka tanda yang telah anda buat tadi akan berbentuk persegi. namun masih ada satu lagi yakni membuat tanda menyamping keatas pada bagian kanan bawah. nah anda ukur kembali dari tanda sisi kiri menuju ke kanan di bagian bawah logam sepanjang 12 mm lalu tandai dengan titik saja dan diteruskan dengan mengukur tinggi bagian samping dari tanda sisi atas menuju kebawah pada bagian samping kanan 9 mm lalu anda tandai dengan titik dan anda garis secara lurus dua titik tadi maka sekarang akan berbentuk SIM Card berukuran mini. untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dibawah ini :
Membuat Micro SIM 
 Nano SIM

http://keydanrara.files.wordpress.com/2012/02/sim3.jpg 
Micro SIM

Membuat Micro SIM (pengukuran)
selanjutnya anda potong SIM ini secra perlahan dan hati-hati dengan menggunakan gunting atau cutter (baiknya anda potong pada bagian luar garis yang telah anda buat agar nantinya Micro SIM tidak terlalu kecil saat dipasang). setelah anda potong rapikan sedikit demi sedikit dengan gillette atau kikir yang ada pada pemotong kuku secara perlahan dan coba masukan pada Smartphone anda apakah masih terlalu besar untuk masuk pada slot kartu Micro SIM pada Smartphone anda (saat anda memotong SIM Card tadi dari bagian luar tanda, biasanya akan kebesaran) jika sudah bisa masuk maka anda tes dengan menghidupkan smartphone anda jika belum bisa masuk ke slot kartu SIM maka anda kikir atau rapikan lagi hingga bisa masuk.

Kesimpulan

Cara ini memiliki keberhasilan 98% asalkan anda membaca dan mengerti dengan baik Tutorial Mudah Membuat Micro SIM Card yang saya berikan. namun saya tidak memberikan jaminan jika anda tidak berhasil karena resiko ada panda diri anda. tapi, seharusnya cari ini sangat berhasil karena ukuran yang tepat dan tidak merusak logam pada Kartu SIM Card anda. Selamat mencoba.

Sumber: http://www.masandank.com/2013/06/tutorial-mudah-membuat-micro-sim-card.html

1 komentar:

Entri Populer